Printing

Apa itu Roll Label Sticker

Roll Label Sticker merupakan label sticker dengan bentuk gulungan atau roll. Roll Label Sticker umumnya digunakan pada berbagai macam industri dengan produk yang memiliki kuantitas besar.

Label Sticker dan Fungsinya

Secara bahasa label berarti penanda. Label sticker adalah sebuah penanda pada barang/produk yang terbuat dari bahan sticker. 

Label sticker merupakan salah satu atribut produk yang paling penting selain kemasan/wadah, karena tidak hanya berfungsi sebagai penanda atau pemberi identitas bagi produk, label sticker saat ini banyak digunakan untuk media informasi, branding dan iklan yang efektif bagi sebuah brand.

Tak jarang saat ini banyak kita temukan desain label produk yang unik dan menarik untuk bisa semakin diingat oleh pelanggan atau audience. Desain label yang tepat juga mampu berkontribusi dalam mendorong calon pelanggan melakukan proses pembelian. 

Sebagai contoh, pada produk makanan yang mencantumkan informasi nilai gizi pada labelnya, atau komposisi makanan yang lengkap diserta informasi tambahan seputar cara pakai, informasi resep makanan hingga manfaat atau kegunaan produk yang tercamtum pada label, dapat mendorong calon pelanggan melakukan pengambilan keputusan dalam pembelian.

Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan dengan baik informasi apa saja yang harus anda cantumkan pada label produk anda, seperti apa desain label yang akan anda pakai, hingga material bahan label yang anda gunakan. Semua hal tersebut akan menjadi gambaran dari branding produk anda secara keseluruhan. 

Mengapa Pakai Roll Label Sticker?

Pada umumnya terdapat dua jenis model bentuk finishing label sticker, yaitu bentuk roll/gulungan dan bentuk lembaran/sheet. 

Jika anda kerap kali mencetak sticker di digital printing biasa, anda tentunya sudah tidak asing dengan sticker sheet atau lembaran. Dimana pada proses cetak digital, digunakan bahan sticker yang berupa lembaran-lembaran sticker dengan ukuran tertentu (A3/A3+). 

Sticker dengan bentuk lembaran/sheet cocok untuk anda gunakan jika produk anda belum terlalu banyak, sehingga proses penempelan label sticker masih dilakukan secara manual. 

Namun, jika quantity atau produksi barang/produk anda sudah banyak, anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan label sticker roll/gulungan. Mengapa? Karena label sticker berbentuk roll/gulungan dapat anda gunakan pada mesin labeling, baik mesin labeling manual, semi otomatis dan full otomatis. 

Dengan menggunakan mesin labeling, proses penempelan label akan berlangsung lebih cepat, lebih efektif dan efisien. Selain itu, proses penempelan dengan mesin juga jauh lebih konsisten dan presisi dibanding dengan penempelan manual. 

Contoh bahan sticker

Beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk roll label sticker diantaranya bahan semicoated, chromo dan HVS. Ketiga bahan ini merupakan bahan sticker yang terbuat dari kertas. Ketiganya memilki karakteristik bahan yang tidak tahan air dan mudah untuk dirobek. Yang membedakan diantara ketiganya adalah dari permukaan hasil cetak, dimana bahan chromo dan HVS memiliki permukaan doff dan semicoated memiliki permukaan yang glossy.

Selain ketiga bahan diatas, bahan label sticker roll lainnya adalah yupo, vinyl dan vinyl transparan. Ketiganya terbuat dari serat polymer/plastik pada printing layernya. Hal ini membuat ketiga bahan tersebut memiliki sifat plastik yang tahan terhadap air dan tidak mudah rusak atau robek. Anda dapat menggunakan bahan ini untuk produk-produk yang beresiko untuk rusak karena air dan kelembaban yang tinggi.

Industri yang menggunakan roll label stiker

Banyak industri telah lama beralih menggunakan roll label sticker. Industri rumah sakit, industri fashion, industri makanan dan minuman, industri kecantikan/skincare, hingga industri FMCG telah banyak menggunakan label sticker dengan bentuk roll atau gulungan, khususnya untuk pabrik atau usaha yang sedang scale up dari usaha kecil ke usaha menengah atau besar. 

Karena semakin banyak quantity produk yang dibuat dan terjual, semakin besar tantangan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam produksi. Penggunaan label sticker dengan bentuk gulungan dan mesin labeling dapat mendukung kenaikan efisiensi dan efektifitas produksi. 

Tempat cetak label sticker terbaik 

Untuk anda yang sedang mencari pabrik label, supplier label atau percetakan label sticker dengan kualitas cetak yang terbaik serta material bahan berstandar ekspor, Blitz Print siap menjadi solusi kebutuhan label sticker anda. 

Untuk anda yang ingin berkonsultasi seputar kebutuhan label sticker, silahkan hubungi admin kami melalui whatsapp disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *